18 07-19

Memajukan Lingkungan Marginal Bersama Panti Insan Amalia

Nama Panti   Panti Asuhan Insan Amalia

Kategori   Uang Tunai

Donatur Tetap

Jumlah Donatur Yang Dibutuhkan 0/25
Donasi Terkumpul Perbulan Sisa hari
Rp. 0 Tanpa Batasan Hari
minimal donasi Rp. 20,000

 

Mari, Dukung Bu Kelly memajukan lingkungan untuk masa depan anak asuhnya, dengan klik dombol donasi berikut!
(scroll/swipe ke bawah untuk info selengkapnya)

Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

Sudah sejak lama lingkungan di sekitar tempat tinggal Ibu Kelly (pengurus Insan Amalia), merupakan lingkungan yang padat penduduk, kumuh, dan terpinggirkan. Bahkan, sekitar akhir tahun 90-an, di wilayah tersebut marak terjadinya praktik perjudian dan prostitusi. Pada tahun 1996, Ibu Kelly berinisiatif untuk mengumpulkan anak-anak yang kerap bermain di rumahnya untuk mengaji bersama di tempatnya dan lambat laun lingkungan di tempat tinggalnya semakin membaik. Sejak saat itulah, Yayasan Insan Amalia terbentuk dan terus aktif membantu lingkungan di sekitarnya untuk terus membaik.

Ibu Kelly (atau warga sekitar sering memanggilnya dengan Eyang/Ibu Joko) merupakan ketua RT di lingkungannya pada tahun 1996. Rumahnya yang terbuka untuk warga sering dikunjungi anak-anak sekitarnya untuk bermain bersama. Saat itu, di lingkungannya kerap dijadikan tempat perjudian dan bahkan prostitusi terselubung. Daerah yang dapat dibilang kumuh membuat lingkungan tersebut semakin tidak kondusif bagi perkembangan anak. Bahkan, hingga kini masih banyak rumah-rumah yang berdempetan dan tidak lebih luas dari 15m2 yang ditempati oleh setidaknya 6 keluarga. Sebagian anggota keluarga itu pun harus rela tidur di loteng untuk memaksimalkan ruang yang ada di rumahnya. Sumber air bersih yang terbatas, cahaya matahari yang minim akibat tertutup rumah, serta saluran air yang dipenuhi sampah dan bau busuk turut memperparah kondisi lingkungan di sana.

Atas dasar itu, Ibu Kelly berinisiatif untuk mengumpulkan anak-anak yang kerap bermain di rumahnya untuk mengaji. Lambat laun, kegiatan sosial di rumahnya semakin bertambah dan pada tahun 2003 diresmikanlah Yayasan Insan Amalia.

 

Keberadaan Insan Amalia perlahan-lahan memberikan dampak positif bagi perubahan kondisi lingkungan di sekitarnya. Praktik prostitusi dan perjudian yang awalnya marak, kini sudah berkurang bahkan sudah menghilang dari lingkungan tersebut. Selain itu, sebagian besar anak-anak pun kini telah berhasil sekolah dengan dibantu Insan Amalia. Tak hanya itu, lansia-lansia yang jumlahnya cukup banyak telah terbantu dengan program arisan modal dan program lainnya yang dikhususkan untuk lansia-lansia tersebut. Dengan adanya program arisan modal tersebut, lansia-lansia dapat terbantu untuk mendapatkan pinjaman modal untuk membuka usaha kecil yang dapat memberikan pemasukan untuk membiayai kehidupan mereka sehari-hari.

Ibu Kelly merasa bahwa kediamannya, yang dijadikan pusat kegiatan bagi lansia di lingkungannya, berada jauh dari tempat tinggal lansia-lansia binaannya tersebut. Pada tahun itu pula, Ibu Kelly memutuskan menjual rumahnya dan merenovasi serta membangun rumah baru yang lebih dekat dengan rumah lansia-lansia tersebut. Hal ini dilakukannya demi mempermudah lansia-lansia untuk melakukan kegiatan bersama di Insan Amalia.

Namun, kini Ibu Kelly dan beberapa pengurus Insan Amalia, hanya sanggup menanggung biaya pendidikan sebanyak 1 orang anak dari tiap keluarga. 

"Kita tak perlu kaya dulu untuk bisa membantu orang lain", tutur Ibu Kelly saat tim Kapiler menyambangi kediamannya yang juga merupakan kantor Yayasan Insan Amalia.

 

Mari, Dukung Bu Kelly memajukan lingkungan untuk masa depan anak asuhnya, dengan klik dombol donasi berikut!
(scroll/swipe ke bawah untuk info selengkapnya)

Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

--------------------------

Selain melalui Web, Kamu juga dapat berdonasi melalui Aplikasi Kapiler:
Download Aplikasi Kapiler di playstore atau Klik disini 

1. Klik tombol donasi
2. Masukan nominal
3. Pilih Panti
4. Pilih "Panti Insan Amalia" 
4. Transfer sesuai no rekening yang dipilih
5. Confirm, donasi Kamu akan tercatat secara manual oleh tim Kapiler.

--------------------------

Bekal Bulanan Per Panti (BBPP) adalah program donasi untuk mendukung Mitra Panti Kapiler dalam memenuhi kebutuhannya setiap bulan. Donasi pada program ini akan disalurkan langsung kepada Panti tersebut setiap bulannya.

Ketentuan Program BBPP:

1. Donasi yang terkumpul dari Sahabat Panti akan disalurkan setiap tanggal 5 (Pada bulan selanjutnya).
2. 10% dari donasi yang terkumpul akan dialokasikan untuk biaya operasional dalam mendukung kinerja Kapiler dan gerakan-gerakan yang dihadirkan dalam memberdayakan panti.
3. Tidak mengikat harus berdonasi tiap bulan (boleh berselang-seling)
4. Jumlah donatur & Kemajuan Donasi yang tertera akan di reset setiap awal bulan

Layanan Program BBPP:

1. Reminder untuk berdonasi tiap awal bulan (melalui email)
2. Monthly Report Penyaluran dari program bekal bulanan Per Panti (melalui email & Update Informasi)
3. Buletin Kapiler, berisi kabar perkembangan Kapiler dan aktivitas seru sejumlah Panti Mitra setiap bulannya (melalui email)

23 Aug 2019

Penyaluran Bekal Bulanan Per Panti - Juli 2019